Pemanfaatan dan Budidaya Daun Dewa Gynura sp untuk Memberdayakan Masyarakat dalam Pengembangan ProKlim

Solo – RSC – Upaya peningkatan kesejahteraan di tingkat lokal sesuai dengan kondisi wilayah merupakan salah satu tujuan Program Kampung Iklim (ProKlim). Kampung Mipitan sebagai bagian wilayah Kelurahaan Mojosongo Surakarta memiliki banyak potensi untuk mengembangkan ProKlim.

Kegiatan pengabdian masyarakat tersebut bertujuan mengangkat salah satu potensi kampung Mipitan melalui pemanfaatan dan budidaya daun Dewa Gynura sp. untuk memberdayakan masyarakat dalam pengembangan ProKlim sebagai bagian Tri Dharma Perguruan Tinggi grup riset BdGE Biodiversity and Genetic Enginering.

Tim Pengabdian Kepada Masyarakat Biodiversity and Genetic Engineering Pendidikan Biologi FKIP Universitas Sebelas Maret Surakarta melalui Hibah Grup Riset (PKM HGR-UNS) -, telah sukses menyelenggarakan workshop dengan tema “Pemanfaatan dan Budidaya Daun Dewa Gynura sp. untuk Memberdayakan Masyarakat dalam Pengembangan ProKlim” di Kampung Mipitan Mojosongo pada Minggu 28 Agustus 2022.

Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan oleh dosen Program Studi Pendidikan Biologi UNS, Dr. Meti Indrowati bersama dengan anggota tim pengabdian lainnya yaitu, Dr. Umi Fatmawati , Dr. Harlita., Dr. Slamet Santosa., Prof. Dr. rer. nat. Sajidan, M.Si dan Dewi Puspita Sari, M.Si.

Selain itu, pada kegiatan workshop ini terdapat lima mahasiswa yang turut berpartisipasi, yaitu Zazan Arindias, Yanti Sulistyana, Faza Imas Saniya, Fidella Azra Ardaneswari, Figo Zidan Ananto, dan Fira Rizqy Ritama. Workshop ini dihadiri oleh Ketua Kampung Mipitan, Widodo serta pemuda-pemudi karang taruna RW 10 Mipitan Mojosongo Surakarta. Kegiatan workshop ini disambut baik oleh ketua kampung dan masyarakat setempat.

Masyarakat datang tepat waktu dan antusias pada pelaksanaan workshop.
Adanya kegiatan workshop ini mampu memberdayakan masyarakat terhadap Daun Gynura sp, yang tumbuh melimpah di Kampung Mipitan. Pada pelaksanaanya, Dr. Meti Indrowati S.Si.,M.Si. menyampaikan materi mengenai manfaat dari Daun Gynura sp, terutama manfaat Daun Gynura sp pada bidang kesehatan.

Kemudian, Dr. Umi Fatmawati S.Pd.,M.Si., mendemonstrasikan cara pembudidayaan Daun Gynura sp, yang kemudian dipraktikkan oleh masyarakat Kampung Mipitan.

Selain itu, pada workshop ini juga dilakukan pelatihan pembuatan serbuk Daun Gynura sp untuk meningkatkan nilai ekonomi dari Daun Gynura sp.

“Kami sangat berterimakasih, dengan adanya workshop Budidaya dan Pemanfaatan Daun Gynura sp, kami bisa lebih mampu untuk memanfaatkan Daun Gynura sp yang sangat melimpah di dusun kami. Biasanya kami hanya memanfaatkan untuk pakan ternak, namun kini terdapat terobosan baru untuk memanfaatkan Daun Gynura sp yang dapat meningkatkan nilai jual dari daun Gynura sp ”, ucap Widodo selaku ketua Kampung Mipitan.

Related posts

Leave a Comment