Plasmic Diikuti 163 Siswa SD/MI Se-Soloraya

Solo – RSC- SMP Muhammadiyah Program Khusus (PK) Kota Barat Surakarta menggelar kegiatan perlombaan PK-Competition tahun 2022, Plasmic (PK Olympiad Social, Mathematics, and Science), Sabtu (24/9) di sekolah. Kegiatan diikuti 163 siswa SD/MI se-Soloraya.

Kepala SMP Muhammadiyah PK Kota Barat, Muhdiyatmoko, menjelaskan Plasmic merupakan agenda tahunan sekolah. Mata pelajaran yang diujikan meliputi Matematika, IPA dan IPS. Tujuan perlombaan, ujarnya, untuk menggali potensi siswa SD/MI se-Soloraya dengan cara berkompetisi secara sehat sehingga mengetahui potensi terbaik siswa.

“Plasmic sebagai wadah bagi siswa untuk mengasah potensi secara sehat dan kompetitif. Alhamdulillah 163 peserta dari SD/MI se-Soloraya mengikuti perlombaan. Siswa-siswi tersebut berasal dari SD/MI terbaik di Sragen, Boyolali, Kartasura, Palur, Karanganyar, dan sekolah-sekolah di wilayah Solo,” jelasnya.

Muhdiyatmoko berharap siswa mampu memanfaatkan kompetisi Plasmic dengan baik dan bagi siswa kelas 6 apabila mau melanjutkan di SMP Muhammadiyah PK maka akan diwadahi dalam pengembangan potensi dan bakatnya. Dia menyebutkan Dzaky Aulia Fadhil adalah siswa SMP Muhammadiyah PK yang meraih prestasi terbaik dalam ajang OSN SMA tingkat nasional saat ini dan sebelumnya meraih medali perak OSN Matematika tingkat nasional.

“Ke depan perlombaan semakin semarak dan jangkauan lebih luas lagi. Kondisi pandemi tidak membuat kita berhenti berkompetisi, tetapi semakin produktif meraih prestasi dan terus berkreasi,” tandasnya.

Humas SMP Muhammadiyah PK Kota barat, Aryanto, menyatakan perlombaan mata pelajaran IPA dan IPS berbasis CBT dengan memanfaatkan empat laboratorium komputer sekolah. Adapun cabang mata pelajaran Matematika, siswa mengerjakan soal berbasis paper di ruang kelas. Kegiatan dimeriahkan dengan penampilan bakat dari siswa-siswi SMP Muhammadiyah PK Kota Barat Surakarta seperti menyanyi vokal, menyanyi dengan keyboard, menari, bermain biola, nembang dan membaca puisi.

Sementara itu, Malika Ardhya Garini Susilo, siswa SD Al Firdaus mengaku senang mengikuti perlombaan. Sebelumnya ia pun mempersiapkan belajar materi-materi OSN (Olimpiade Sains Nasional). Malika merasa tidak mengalami kesulitan dalam mengerjakan karena memang sebelumnya sudah pernah menjuarai OSN IPA dengan perolehan medali perak nasional.

Kesan serupa diungkapkan Ryofu Daffa Abimanyu dari MI Muhammadiyah Karanganyar. Daffa merasa senang berlomba. “Saya senang karena sebelumnya sudah belajar dengan giat dan belajar hitung-hitungan bersama ayah. Sebelumnya sudah menjuarai di tingkat Kabupaten,” ungkap Daffa.

Related posts

Leave a Comment