Sosialisasi Pembuatan SIUP dan Digitalisasi Marketing di Balai Desa Donohudan

Boyolali – RSC – Kelompok KKN Tematik 84 UNS 2022 menggelar kegiatan sosialisasi dengan tema “Sosialisasi Pembuatan Surat Izin Usaha (SIUP) dan Digitalisasi Marketing” yang diselenggarakan di Balai Desa Donohudan, belum lama ini.

Desa Donohudan merupakan salah satu wilayah di Kecamatan Ngemplak yang mempunyai wilayah strategis, dekat dengan Bandara Internasional Adi Soemarmo dan wilayah yang dekat dengan Kota Solo.

Donohudan memiliki Asrama Haji untuk pemberangkatan dan kepulangan jamaah haji di wilayah Jawa Tengah. Sehingga wilayah ini sangat memungkinkan untuk diberdayakan dengan usaha-usaha berbasis UMKM.

Saat ini Donohudan memiliki banyak UMKM yang berdiri terutama di sekitar Embarkasi Haji, deretan pedagang mulai dari pedagang kaki lima hingga pedagang yang sudah mempunyai toko menjamur di wilayah ini. Namun, potensi tersebut belum dapat dimaksimalkan dengan baik. Pasalnya banyak pedagang yang belum terdata dan pemasarannya hanya melalui toko atau tenda. Sehingga pembeli masih kesulitan membeli secara digital melalui E-Commerce.

Untuk itu mahasiswa KKN Kelompok 84 mengusung program kerja dengan tema “Sosialisasi Pembuatan Surat Izin Usaha dan Digitalisasi Marketing”.
Kegiatan sosialisasi ini disambut baik oleh pelaku UMKM yang hadir di dalam forum tersebut.

Mereka umumnya peserta berasal dari pelaku usaha kecil menengah, namun masyarakat sekitar juga ikut dalam kegiatan tersebut. Peserta antusias dalam mendengarkan maupun ketika melakukan tanya jawab ketika acara berlangsung, baik dari kalangan pemuda maupun orang tua.

Sosialisasi tersebut diawali dengan sambutan oleh pihak kelurahan dan KKN UNS dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh Riyadi Muslim S.Pd.,M.Pd. tentang pentingnya SIUP dalam sebuah usaha menengah, dilanjutkan dengan tutorial dalam membuat surat izin usaha tersebut.

Pembahasan sesi kedua disampaikan mengenai digital marketing diantaranya bagaimana membuat pemasaran yang baik dan memanfaatkan E-Commerce sebagai media penjualan maupun pemasaran.

Peserta diberikan cara bagaimana untuk membuat akun termasuk di dalamnya akun Shopee untuk mendukung penjualan secara offline dan menjangkau lebih banyak konsumen.

Dengan demikian, diharapkan pelaku UMKM lebih berkembang dan penjualan produk lebih luas. Peluang tersebut pastinya sangat bermanfaat tidak hanya pelaku UMKM akan tetapi pemerintah desa terkait, yakni Desa Donohudan bisa lebih dikenal dengan sentra kuliner UMKM di Kabupaten Boyolali.

Related posts

Leave a Comment