Buku The Disruption of Covid-19 in Indonesia Sumbangan Pemikiran 13 Profesor UNS

Solo – RSC- Dewan Profesor (DP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta merilis sebuah karya berupa buku berjudul “The Disruption of Covid-19 in Indonesia” yang diterbitkan oleh Cambridge Scholars Publishing (CSP), Inggris. Buku ini merupakan sumbangan pemikiran 13 Profesor UNS dari berbagai disiplin ilmu dengan Prof. Hywel Coleman dari The University of Leeds, U.K sebagai editor penasehat.

Buku ini merupakan kumpulan hasil penelitian dan kajian empiris dari berbagai disiplin ilmu, antara lain bidang sosial, budaya, politik, ekonomi, hukum, kedokteran, pendidikan dan lingkungan tentang musibah pandemi Covid-19 yang telah dirasakan oleh masyarakat dunia. Di sisi lain, buku ini juga merupakan terobosan kreatif inovatif berbagai model penanganan musibah yang berakar dari pengetahuan, tradisi, teknologi, dan budaya lokal untuk mengimbangi perspektif barat yang selama ini mendominasi.

Ketua DP UNS, Prof. Drs. Suranto Tjiptowibisono, M.Sc., Ph.D. menyampaikan bahwa DP UNS memiliki komitmen besar ikut serta aktif mencari solusi terhadap berbagai permasalahan bangsa dan seluruh umat manusia dengan cara mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi berbasis keunggulan budaya nasional.

“Saya terus mendorong semua anggota DP UNS untuk cancut taliwanda ‘bersegera mengerjakan tugas dan bekerja sama dengan segenap kemampuan yang dimiliki’ untuk meningkatkan rekognisi UNS sebagai Perguruan Tinggi berkelas dunia,” terang Prof. Suranto dalam rilisnya, Jumat (16/9/2022).

Prof. Suranto berharap supaya buku ini dapat dibaca dan dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat dunia.
Tujuan dari dirilisnya buku ini adalah untuk mendorong percepatan pemulihan dan kebangkitan dari keterpurukan pandemi Covid-19 yang selaras dengan semangat nasional ‘Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat’.

Adapun Para Profesor UNS yang berkontribusi dalam penulisan buku ini adalah Prof. Adi Sulistiyono, Prof. Izza Mafruhah, Prof. Wisnu Untoro, Prof. Hunik Sri Runing Sawitri, Prof. Chatarina Muryani, Prof. Diah Kristina, Prof. Winny Astuti, Prof. Adi Prayitno, Prof. Slamet Subiyantoro, Prof. Sariyatun, Prof. Leo Agung Sutimin, Prof. Suranto Tjiptowibisono, dan Prof. Pranoto.

Related posts

Leave a Comment