Kompetisi Sepeda Gunung Dalam Rangka Dies Natalis ke-46 UNS

Solo- RSC- Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta mengadakan acara kompetisi sepeda gunung tingkat nasional yang bertajuk “Rektor Cup National Cross Country MTB Competition UNS #1”.

Kegiatan kompetisi sepeda gunung tingkat nasional berlangsung selama dua hari dari tanggal 18-19 Juni 2022 yang merupakan rangkaian acara Dies Natalis ke-46 UNS Surakarta.

Kegiatan kompetisi sepeda gunung tingkat nasional dikoordinir Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala) PMPA Ajusta Brata Fakultas Teknik (FT) UNS yang berkolaborasi dengan Ikatan Sepeda Sport Indonesia (ISSI) di Kawasan Hutan Dengan Tujuan Khusus (KHDTK) Gunung Bromo UNS, Mojogedang, Kabupaten Karanganyar.

Acara kompetisi sepeda gunung tingkat nasional ini terdiri dari 5 kategori, yaitu Man Junior untuk usia 17-18 tahun, Mahasiswa Putra usia 17-22 tahun, Man Open umur 19-34 tahun, Master A usia 35-45 tahun, dan Master B dengan usia 46 tahun ke atas. Agenda kompetisi sepeda gunung tingkat nasional diikuti oleh 100-an peserta yang berasal dari berbagai provinsi di Indonesia, seperti Bali, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatera Selatan, dan Yogyakarta.

Acara kompetisi sepeda gunung tingkat nasional mengundang Kapolres Karanganyar yang diwakili Kapolsek Karanganyar Iptu Nawangsih Retno Waruju, Koramil Karanganyar dan Lurah sekitar Alas Bromo.

Acara kompetisi sepeda gunung tingkat nasional dibuka Rektor UNS yang diwakili Wakil Rektor 3 Prof. Dr. Kuncoro Diharjo, ST., MT. Dalam sambutannya, Prof. Dr. Kuncoro Diharjo, ST., MT mengatakan bahwa kawasan Alas Bromo seluas 126 Ha yang dikelola oleh UPT KHDTK Alas Bromo sejak 2018.

KHDTK Alas Bromo mempunyai potensi untuk acara yang sangat besar salah satunya adalah kompetisi National Cross Country MTB Competition UNS #1. Sebelumnya juga telah diselenggarakan festival Reog dalam rangka melestarikan budaya sekaligus menyelamatkan aset dari klaim pihak lain.

“Selain itu, kawasan ini juga sangat cocok untuk kegiatan off road yang memiliki beberapa jalur cukup menantang,” terang Prof. Dr. Kuncoro Diharjo, ST., MT.

Bahkan, komunitas motor trail juga sering melakukan latihan dikawasan ini. Begitu juga dari teman-teman Bakorlak Tanggap Bencana juga berencana akan menyelenggarakan Diklat untuk kegiatan tanggap bencana yang pesertanya dari BPBD dari seluruh Jawa, Bali dan juga secara nasional. Prof. Dr. Kuncoro Diharjo, ST., MT menyampaikan bahwa kegiatan tersebut diselenggarakan dalam rangka mempromosikan KHDTK Alas Bromo kepada masyarakat luas agar lebih dikenal sehingga akan meningkatkan pengunjung di kawasan ini.

“Peraihan juara harus dicapai, namun demikian faktor keselamatan harus lebih diutamakan sehingga meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan,” kata Prof. Dr. Kuncoro Diharjo, ST., MT dalam sambutannya.

Daftar Pemenang Kompetisi
Kategori Mahasiswa (14 peserta):
1. Ridwan Abimanyu dari NNRT Abimanyu Farm, waktu tempuh 27’42”
2. Rafif Rizqullah ISSI dari Universitas Panca sakti Kota Tegal, waktu 28’34”
3. Aris Agung Nugroho dari Trecc, waktu 29’06”

Kategori Master B (12 peserta):
# 1. Suryanto dari Santri Group waktu 29’33”
# 2. Andy Eta Arifiyanto dari Bangsawan Racing Team waktu tempuh 33’23”
# 3. Wasis Suwondo dari Ponorogo, waktu tempuh 34’29”

Kategori Master A (25 peserta):
#1. Andy Joe The Bully Racing Team
#2. Edi Winarno Jokindo
#3. Gunawan Indro Prasetyo JOTSE Indonesia

Kategori EXIBITION 60UP (7peserta):
# 1. Herman Prijono Gobang dari Reborn waktu tempuh 12’42”
# 2. Rahman Haryono Gowes dari Bangsawan waktu tempuh 13’01”
# 3. Hendro Isnanto dari EmNine Solo waktu tempuh 13’21”
Kategori Men Junior (11 peserta):
# 1. I Gusti Agung Danendra Hazel Devananda dari Green School Bali waktu tempuh 44’00”
# 2. M. Farrel Fawwas Setiawan dari ISSI Sleman waktu tempuh 48’16”
# 3. Bima Jamaludin abdul Jafarob dari RBK Karawang waktu tempuh 48’50”

Kategori Men OPEN (26 peserta) :
# 1 Naufal Ghani Daun dari Karya Orbea Squad – ISSI Kab Sukabumi waktu tempuh 47’00”
# 2 Mohammad Maydanil Arham dari United Bike waktu tempuh 48’05”
# 3 Elsa Dwi Hertanto dari Bolo 1000 Kabupaten Lumajang waktu tempuh 51’49”.

Related posts

Leave a Comment