ISI Solo Pamerkan Penari 24 Jam Menari Secara Virtual Reality 360 Derajat

Solo – RSC – Perayaan Hari Tari Dunia (HTD) ke-16 yang diselenggarakan pada hari Jumat tanggal 29 April 2022 dihadirkan pula pameran virtual reality foto pertunjukan dalam Galeri Virtual ISI Surakarta di laman galeri.isi-ska.ac.id.

Galeri virtual reality dapat dinikmati dengan mudah di kanal Youtube, bahkan akan lebih menarik jika dinikmati dengan menggunakan kacamata VR atau VR Goggles, penikmat serasa berada di tengah-tengah galeri.

Jumlah foto yang dipamerkan sejumlah 82 foto terpilih dari para peserta pameran dengan kurator Andry Prasetyo, dosen Prodi Fotografi ISI Surakarta. Selain itu, dimeriahkan juga oleh foto-foto tari koleksi panitia HTD ISI Surakarta sejak tahun 2007 hingga 2021.

Selain foto pertunjukan, pameran juga menyajikan tokoh-tokoh penari 24 Jam Menari beberapa tahun yang lalu, seperti Darmasti, Srihadi, dan Nuryanto. Ketiganya dengan mengenakan kostum pada saat itu dipamerkan dalam bentuk model 3 Dimensi yang dikreasi memakai teknologi fotogrametri.

Rektor ISI Surakarta, I Nyoman Sukerna mengatakan peringatan Hari Tari Dunia (World Dance Day¬WDD) kali ini ada pengembangan baru dari segi virtual reality-nya. Ini merupakan sebuah realitas visual lain atau alternatif dari tari, utamanya penari, seniman, atau peraganya, selain dalam bentuk pertunjukan di panggung itu sendiri. Ini merupakan perkembangan yang luar biasa.

Pengembangan galeri virtual ini dilakukan oleh mahasiswa S1/S2 dan alumni lintas jurusan, yaitu Koko Is Prayogo, Fajar Ritus, Eko Fitri Yulianto, Cucuk Suhartini, Muthiah Anas Salma, dan Wahib M. Afif bersama Ranang Agung Sugihartono selaku dosen pembimbing IDE Studio.

Ranang berujar bahwa galeri virtual ini kedepan bisa dikembangkan menjadi semacam museum Madame Tussauds yang berisi para penari 24 Jam Menari dari tahun ke tahun namun dalam format VR-360, dan bukan terbuat dari lilin.

Related posts

Leave a Comment